Selasa, 15 Desember 2009

Jam Piket Organ Tubuh

1. Jam 03.00 – 05.00
Pada jam ini organ paru-paru sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan limbah/racun. Pada organ paru-paru, apabila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Penderita asma sering mengalami kekambuhan pada jam-jam ini. Sebaiknya digunakan untuk olah nafas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat. Pada jam ini, kantong kemih sedang bekerja minimal.

2. Jam 05.00 – 07.00
Usus besar sedang bekerja secara maksimal. Biasakan buang air besar secara teratur. Pada jam ini, organ ginjal sedang bekerja secara minimal. Kalau penderita asma kambuh pada jam-jam ini, karena aktivitas usus besar terlalu kuat dan organ ginjal yang terlalu lemah. Bila jam ini seseorang mengalami sakit dada, nafas pendek, dan tidak nyaman di dada bagian atas, berarti aktivitas chi jantung terlalu tinggi, sebaliknya chi empedu terlalu lemah.

3. Jam 07.00 – 09.00
Lambung sedang bekerja secara maksimal. Minum jus atau ramuan sebaiknya sebelum sarapan pagi, perut masih kosong sehingga zat yang berguna segera terserap tubuh. Jangan pernah lewatkan sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Pada saat ini selaput jantung sedang bekerja minimal.

4. Jam 09.00 – 11.00
Organ limpa sedang bekerja secara maksimal dalam mentransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini timbul rasa mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak,minyak dan protein hewani. Pada jam ini, organ tiga pemanas sedang bekerja minimal.

5. Jam 11.00 – 13.00
Jantung sedang bekerja maksimal. Sebaiknya Anda beristirahat, hindari panas dan olah fisik, serta cegah timbulnya emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah . Pada jam ini, Kandung Empedu sedang bekerja secara minimal.

6. Jam 13.00 – 15.00
Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal semua penyakit. Pada jam ini Usus kecil sedang bekerja secara maksimal.

7. Jam 15.00 – 17.00
Paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan proses pembentukan energi paru-paru. Pada Jam ini, Kantong Kemih justru sedang bekerja secara maksimal.

8. Jam 17.00 – 19.00
Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena terjadi proses pertumbuhan otak otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang. Usus besar sedang bekerja minimal.

9. Jam 19.00 – 21.00
Lambung sedang bekerja minimal. Chi lambung berada posisi yang rendah untuk beraktivitas, sehingga kerja lambung kurang maksimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau berhenti makan sama sekali. Pada orang yang mengalami kelebihan berat badan sebaiknya berhenti makan sebelum pukul 19.00. Pada jam ini selaput jantung bekerja secara maksimal.

10. Jam 21.00 – 23.00
Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Chi Limpa terlalu lemah sehingga sering timbul reaksi menggigil. Sebaiknya istirahat sambil mendengarkan musik yang menenangkan jiwa, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pada jam ini organ tiga pemanas sedang bekerja secara maksimal.

11. Jam 23.00 – 01.00
Jantung sedang bekerja secara minimal. Sebaiknya Anda Tidur. Terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung. Pada jam ini, organ kandung empedu sedang bekerja secara maksimal.

12. Jam 01.00 – 03.00
Hati sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme tubuh. Bila ada luka dalam, akan terasa sakit. Pada jam ini, usus kecil sedang bekerja minimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar